PERANCANGAN CARD GAME SEBAGAI MEDIA
PEMBELAJARAN TARI CANGGET UNTUK ANAK
USIA 10-12 TAHUN
Tari Cangget merupakan tarian tradisional yang memiliki nilai estetika
dan nilai filosofis yang mendalam bagi kehidupan bermasyarakat di
Lampung, namun akibat perkembangan teknologi dan pengaruh
globalisasi menyebabkan anak-anak di Indonesia, khususnya Lampung
mulai kehilangan minat dan keterikatan emosional dengan budaya
warisan leluhur mereka. Penelitian ini bertujuan merancangan card
game edukasi untuk meningkatkan wawasan anak usia 10 – 12 tahun
tentang Tari Cangget. Metode penelitian menggunakan metode
kualitatif dengan melakukan wawancara dan studi literatur,
menggunakan metode analisis 5W+1H serta perancangan berbasis
Seven Stages of Design Process. Hasil dari perancangan ini adalah kartu
permainan “Kuartet Cangget” untuk 2 – 4 pemain dan mencakup tujuh
key message utama dari Tari Cangget yang dituangkan ke dalam bentuk
ilustrasi. Hasil dari pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan
terhadap keefektifan card game sebagai media pembelajaran, dan
pengujian SUS memperoleh skor 60,83 (kategrori marginal) yang
menunjukkan permainan cukup mudah digunakan meski masih
memerlukan beberapa penyempurnaan, serta menjadi media edukasi
alternatif yang relevan bagi sekolah.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2512170033
Keyword