(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERIPIK STUDI KASUS DI LATEB JAYA BANDAR LAMPUNG


UMKM Lateb Jaya merupakan usaha yang memproduksi keripik di Bandar Lampung yang ikut berperan membantu pemerintah dalam upaya mengurangi angka kemiskinan, meningkatkan angka pertumbuhan ekonomi, dan menyerap tenaga kerja. Dalam menjalankan usahanya UMKM Lateb Jaya mengalami beberapa kendala yaitu belum memiliki strategi bersaing, kurangnya pengetahuan cara mengembangkan usaha, dan sistem pemasaran yang belum optimal sehingga mengakibatkan penurunan volume penjualan. Oleh karena itu, UMKM Lateb Jaya membutuhkan strategi pengembangan usaha dalam menjalankan bisnisnya. Penelitian ini bertujuan membantu UMKM untuk menganalisis konsep model bisnis, merumuskan alternatif strategi pengembangan usaha berdasarkan identifikasi faktor internal dan eksternal serta menyusun prioritas alternatif strategi pengembangan usaha. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, studi pustaka, dan focus grup discussion. Penentuan responden dengan menggunakan purposive sampling yang terdiri dari 30 responden meliputi responden internal dan eksternal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu BMC, SWOT dan QSPM. Kombinasi dari metode tersebut menghasilkan strategi yang dapat diimplementasikan oleh UMKM Lateb Jaya. Model bisnis kanvas Lateb Jaya menunjukan kegiatan usaha yang terdiri dari sembilan elemen kunci yang menggambarkan kegiatan usaha secara detail. Analisis SWOT pada UMKM Lateb Jaya menghasilkan 18 strategi dan menunjukan UMKM Lateb Jaya berada pada posisi kuadran ke dua yang mendukung penerapan strategi diversifikasi. Berdasarkan hasil QSPM didapatkan tiga prioritas utama dengan skor tertinggi yaitu penambahan tenaga kerja untuk bagian promosi produk yang berfokus dalam platform digital, membuat sistem penjualan delivery untuk meningkatkan sarana pemasaran, dan mempertahankan kualitas produk.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2306160026

Keyword