PERANCANGAN ANIMASI 2D SEBAGAI MEDIA EDUKASI GAMOLAN
BAGI ANAK-ANAK
Perancangan ini berjudul “Perancangan Animasi 2D sebagai Media Edukasi Gamolan bagi
Anak-Anak” yang bertujuan untuk memperkenalkan serta menumbuhkan minat anak-anak
terhadap alat musik tradisional Gamolan asal Lampung Barat. Seiring perkembangan zaman
dan masuknya budaya modern, eksistensi alat musik tradisional mengalami penurunan minat,
khususnya di kalangan generasi muda. Minimnya media pembelajaran yang menarik serta
kurangnya pengajaran langsung dari tenaga pendidik menyebabkan anak-anak kurang
mengenal nilai budaya dan teknik dasar memainkan Gamolan. Metode penelitian yang
digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui
mengobservasi dan mewawancarai narasumber dan menyebarkan angket ke siswa. Metode
perancangan yang digunakan pada perancangan ini yaitu pipeline production yang memiliki 3
tahap: pra produksi, produksi dan pasca produksi. Melalui pendekatan media animasi 2D yang
edukatif dan interaktif, penelitian ini berupaya menciptakan sarana pembelajaran yang
menyenangkan dan mudah dipahami anak-anak usia 8–10 tahun. Animasi 2D berdurasi 3
menit 17 detik yang bergenre fantasi ini menggunakan artstyle kartun supaya cocok dengan
anak-anak. Berdasarkan hasil aktivasi melalui sosial media Instagram dan Tiktok,
mendapatkan jumlah interaksi yang cukup banyak, tidak hanya ke target audiens kedua
platform tersebut juga sama-sama efektif untuk memperluas audiens.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2512180012
Keyword
gamolan animasi branding desain komunikasi visual edukasi