(0721) 8030188    [email protected]   

All of ITERA Repository
Titles

PERANCANGAN ANIMASI 2D SEBAGAI MEDIA EDUKASI GAMOLAN BAGI ANAK-ANAK


View/Open

Author

Date Published
19 Dec 2025

Advisor
Dr. Sn. Namuri Migotuwio, S.Sn., M.Sn,
Arif Budiman, S.Sn., M.Sn.,

Subject
Desain Komunikasi Visual

Publisher


Perancangan ini berjudul “Perancangan Animasi 2D sebagai Media Edukasi Gamolan bagi Anak-Anak” yang bertujuan untuk memperkenalkan serta menumbuhkan minat anak-anak terhadap alat musik tradisional Gamolan asal Lampung Barat. Seiring perkembangan zaman dan masuknya budaya modern, eksistensi alat musik tradisional mengalami penurunan minat, khususnya di kalangan generasi muda. Minimnya media pembelajaran yang menarik serta kurangnya pengajaran langsung dari tenaga pendidik menyebabkan anak-anak kurang mengenal nilai budaya dan teknik dasar memainkan Gamolan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui mengobservasi dan mewawancarai narasumber dan menyebarkan angket ke siswa. Metode perancangan yang digunakan pada perancangan ini yaitu pipeline production yang memiliki 3 tahap: pra produksi, produksi dan pasca produksi. Melalui pendekatan media animasi 2D yang edukatif dan interaktif, penelitian ini berupaya menciptakan sarana pembelajaran yang menyenangkan dan mudah dipahami anak-anak usia 8–10 tahun. Animasi 2D berdurasi 3 menit 17 detik yang bergenre fantasi ini menggunakan artstyle kartun supaya cocok dengan anak-anak. Berdasarkan hasil aktivasi melalui sosial media Instagram dan Tiktok, mendapatkan jumlah interaksi yang cukup banyak, tidak hanya ke target audiens kedua platform tersebut juga sama-sama efektif untuk memperluas audiens.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2512180012

Keyword
gamolan animasi branding desain komunikasi visual edukasi