Evaluasi Information System Success Model dan Expectation-Confirmation Model untuk Mengukur Keberlanjutan Penggunaan Platform MOOCs
Penelitian ini mengkaji keberlanjutan penggunaan platform Massive Open Online Courses (MOOCs) dengan menggabungkan Information System Success Model (ISSM) dan Expectation Confirmation Model (ECM). Tujuan utama adalah mengevaluasi faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan dan niat berkelanjutan pengguna platform MOOCs. Metode yang digunakan adalah Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan implementasi melalui Python. Model penelitian melibatkan enam konstruk: System Quality, Information Quality, Hedonic Motivation, Perceived Usefulness, Satisfaction, dan Continued Intention. Data dikumpulkan dari 113 responden, dengan 103 data valid yang dianalisis. Hasil menunjukkan bahwa Perceived Usefulness, Information Quality, dan Hedonic Motivation berpengaruh terhadap Satisfaction, dan Perceived Usefulness, Information Quality, serta Hedonic Motivation berpengaruh terhadap Continued Intention. Sebaliknya, System Quality tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap Satisfaction. Model menunjukkan validitas konvergen dan diskriminan yang baik, serta nilai R² dan Q² yang mendukung relevansi prediktif. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan strategi peningkatan retensi pengguna platform MOOCs dan memperkuat pemahaman tentang faktor-faktor pasca-adopsi dalam sistem pembelajaran dalam jaringan.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2509200009
Keyword
MOOCs ISSM ECM PLS-SEM Sistem Informasi