(0721) 8030188    [email protected]   

Analisis Keranjang Belanja Untuk Mengidentifikasi Pola Konsumsi Pelanggan Menggunakan Algoritma Apriori Dan Frequent Pattern Growth (Studi Kasus : Kapiler Dan Manggobat Delight Bandar Lampung)


Analisis pola konsumsi pelanggan pada UMKM KAPILER (Kebab Pisang Lumer) dan Manggobat Delight menggunakan metode association rule dengan algoritma Apriori dan Frequent Pattern Growth (FP-Growth). Berbeda dari penelitian sebelumnya yang dilakukan Pabendon and Purnomo menggunakan data non-promosi dari perusahaan ritel di Tangerang, penelitian ini mengangkat konteks UMKM dengan variasi threshold minimum support dan confidence yang lebih beragam, serta strategi peningkatan penjualan yang disesuaikan kebutuhan mitra, yaitu bundling produk. Hasil analisis menemukan dua aturan asosiasi yang konsisten pada pembelian Kebab Tiramisu diikuti oleh Kebab Coklat (confidence 46,32

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2508200053

Keyword
Association Rule Apriori Frequent Pattern Growth Market Basket Analysis