(0721) 8030188    [email protected]   

ANALISIS KONDISI UMKM ROTI AL-SAID SEBAGAI DASAR PENYUSUNAN STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK


UMKM Roti Al-Said merupakan salah satu pelaku usaha yang menetapkan target pendapatan sebesar Rp 15.000.000 per siklus produksi, dengan volume produksi sebanyak 2.500 unit. Namun, realisasi pendapatan pada bulan September 2024 menunjukkan bahwa hanya 8 dari 24 hari produksi yang mencapai target, dengan rata-rata penjualan produk sebesar 1.273 unit (51%). Hal ini menunjukkan adanya kesenjangan antara potensi pendapatan maksimal dan realisasi pendapatan, yang berisiko menimbulkan pemborosan biaya produksi akibat produk tidak terjual. Penelitian ini bertujuan menghitung dan menganalisis titik impas, untuk menentukan jumlah optimal penjualan produk dan merancang strategi peningkatan penjualan produk berdasarkan faktor internal dan faktor eksternal. Metode yang digunakan adalah analisis Break Even Point (BEP) dan analisis SWOT. Hasil perhitungan dan analisis BEP menunjukkan bahwa titik impas UMKM Roti Al-Said adalah 301 unit atau setara Rp 3.396.453 per siklus produksi, dengan jumlah optimal penjualan produknya adalah 1.328 unit. Selanjutnya, analisis SWOT menempatkan UMKM Roti Al-Said pada kuadran II (strategi S-T), yaitu strategi yang memanfaatkan kekuatan untuk mengatasi ancaman. Penyusunan strategi dilakukan melalui kombinasi faktor SWOT yang disusun berdasarkan hasil analisis IFE dan EFE. Hasilnya, ditentukan enam strategi utama untuk meningkatkan penjualan produk, yaitu: melakukan peramalan (forecasting), membagikan pamflet edukatif, membuat kartu member, menghitung Harga Pokok Produksi (HPP), membuka gerai penjualan, dan menjalin kerja sama dengan penjual produk substitusi.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2507120002

Keyword
UMKM, Titik Impas, SWOT, Strategi Penjualan, Roti