(0721) 8030188    [email protected]   

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI KEDAI NATE, KOTA BANDAR LAMPUNG


Persaingan bisnis kafe di Kota Bandar Lampung Semakin Ketat seiring dengan meningkatnya tren masyarakat untuk mengunjungi kafe sebagai tempat bersosialisasi maupun bekerja. Kondisi ini mendorong Kedai Nate untuk menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif agar dapat mempertahankan daya saing untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan internal Kedai Nate, mengidentifikasi peluang dan ancaman eksternal, serta merumuskan strategi pemasaran yang tepat berdasarkan pendekatan SWOT dan QSPM. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara kepada pihak manajemn, serta penyebaran kuesioner kepada pelanggan. Analisis dilakukan dengan menggunakan matriks IFAS, EFAS, SWOT, dan QSPM. Hasil analisis menunjukkan Kedai Nate berada di Kuadran I dengan startegi agresif (SO). Melalui matriks QSPM, strategi utama yang disarankan yaitu promosi menu signature melalui Instagram dan TikTok yang menjadi prioritas dengan nilai total AS tertinggi sebesar 2,383. Strategi ini dinnilai paling efektif dalam memanfaatkan kekuatan internaal dan menangkap peluang eksternal yang ada. Implementasi dari strategi ini dapat meningkatkan visibilitas Kedai Nate di media sosial dan menarik lebih banyak pelanggan potensial. Kata Kunci: Strategi pemasaran, SWOT, QSPM, IFAS, EFAS.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2505250025

Keyword
SWOT Manajemen QSPM IFE EFE