ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI KEDAI NATE,
KOTA BANDAR LAMPUNG
Persaingan bisnis kafe di Kota Bandar Lampung Semakin Ketat seiring dengan
meningkatnya tren masyarakat untuk mengunjungi kafe sebagai tempat
bersosialisasi maupun bekerja. Kondisi ini mendorong Kedai Nate untuk menyusun
strategi pemasaran yang lebih efektif agar dapat mempertahankan daya saing untuk
meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan dan
kelemahan internal Kedai Nate, mengidentifikasi peluang dan ancaman eksternal,
serta merumuskan strategi pemasaran yang tepat berdasarkan pendekatan SWOT
dan QSPM. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara kepada pihak
manajemn, serta penyebaran kuesioner kepada pelanggan. Analisis dilakukan
dengan menggunakan matriks IFAS, EFAS, SWOT, dan QSPM. Hasil analisis
menunjukkan Kedai Nate berada di Kuadran I dengan startegi agresif (SO). Melalui
matriks QSPM, strategi utama yang disarankan yaitu promosi menu signature
melalui Instagram dan TikTok yang menjadi prioritas dengan nilai total AS
tertinggi sebesar 2,383. Strategi ini dinnilai paling efektif dalam memanfaatkan
kekuatan internaal dan menangkap peluang eksternal yang ada. Implementasi dari
strategi ini dapat meningkatkan visibilitas Kedai Nate di media sosial dan menarik
lebih banyak pelanggan potensial.
Kata Kunci: Strategi pemasaran, SWOT, QSPM, IFAS, EFAS.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2505250025
Keyword
SWOT Manajemen QSPM IFE EFE