(0721) 8030188    [email protected]   

PERANCANGAN VISUAL BRANDING TERMINAL RAJABASA SEBAGAI KAWASAN YANG AMAN


Terminal Raja Basa Lampung merupakan titik penting sebagai akses utama bagi warga Bandar Lampung untuk melakukan perjalanan ke berbagai kota di Indonesia. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, citra terminal ini telah tercoreng oleh insiden-insiden negatif seperti pencurian, pungli, dan kekerasan, yang membuat masyarakat merasa tidak aman saat berada di sana. Skripsi ini bertujuan untuk merancang kampanye visual yang mendukung branding Terminal Rajabasa sebagai kawasan yang aman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui kuisioner dan kualitatif melalui observasi, wawancara, dan studi literatur sebagai dasar untuk merancang kampanye visual. Selain itu, metode perancangan kampanye visual diterapkan dengan menerapkan metode analisis Design Thinking, AIDA (Attention, Interest, Desire, Action), dan 5W + 1H (Who, What, When, Where, Why, How), sehingga menghasilkan strategi kampanye visual kreatif untuk memperkuat citra Terminal Rajabasa sebagai penyedia kawasan transportasi yang aman. Kampanye ini diimplementasikan melalui berbagai media, termasuk poster, banner, sign system, konten media sosial, atribut transportasi (bus), dan merchandise.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409260121

Keyword
Kampanye visual branding terminal rajabasa keamanan