PERANCANGAN VISUAL BRANDING TERMINAL RAJABASA SEBAGAI KAWASAN YANG AMAN
Terminal Raja Basa Lampung merupakan titik penting sebagai akses utama bagi
warga Bandar Lampung untuk melakukan perjalanan ke berbagai kota di
Indonesia. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, citra terminal ini telah
tercoreng oleh insiden-insiden negatif seperti pencurian, pungli, dan kekerasan,
yang membuat masyarakat merasa tidak aman saat berada di sana. Skripsi ini
bertujuan untuk merancang kampanye visual yang mendukung branding Terminal
Rajabasa sebagai kawasan yang aman. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif melalui kuisioner dan kualitatif melalui observasi, wawancara, dan
studi literatur sebagai dasar untuk merancang kampanye visual. Selain itu, metode
perancangan kampanye visual diterapkan dengan menerapkan metode analisis
Design Thinking, AIDA (Attention, Interest, Desire, Action), dan 5W + 1H (Who,
What, When, Where, Why, How), sehingga menghasilkan strategi kampanye visual
kreatif untuk memperkuat citra Terminal Rajabasa sebagai penyedia kawasan
transportasi yang aman. Kampanye ini diimplementasikan melalui berbagai
media, termasuk poster, banner, sign system, konten media sosial, atribut
transportasi (bus), dan merchandise.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409260121
Keyword
Kampanye visual branding terminal rajabasa keamanan