(0721) 8030188    [email protected]   

PERANCANGAN BRANDING GAMOLAN PEKHING SEBAGAI ALAT MUSIK TRADISIONAL LAMPUNG


Perancangan ini bertujuan untuk mendapatkan strategi yang tepat bagi generasi muda untuk mengenal gamolan pekhing sebagai alat musik tradisional Lampung. Kurangnya pengetahuan masyarakat khususnya generasi muda mengenai alat musik gamolan pekhing membuat pelestarian alat musik ini akan semakin hilang secara perlahan. Sehingga, diperlukannya perancangan media yang tepat untuk memperkenalkan alat musik gamolan pekhing. Perancangan ini dilatar belakangi oleh kurangnya sarana edukasi bagi remaja untuk dapat mengenal bahkan melestarikan gamolan pekhing sebagai alat musik tradisional Lampung, dan juga persaingan yang besar antara alat musik tradisional dengan alat musik lainnya yang mudah untuk ditemui karena lebih familiar. Dengan menggunakan metode design thinking yang meliputi 5 tahapan yakni: (1) emphatize, (2) define, (3) ideate, (4) prototype dan (5) test. Hasil dari perancangan ini adalah untuk mengedukasi dan memperkenalkan gamolan pekhing kepada generasi muda. Berdasarkan perancangan yang telah dilakukan, lebih dari 70% target audience sudah memahami dan sadar untuk melestarikan alat musik tradisional gamolan pekhing.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409030038

Keyword
Gamolan Pekhing Generasi Muda Edukasi Lampung Melestarikan Alat Musik Tradisional