(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Perancangan Media Kampanye sebagai Sarana Informasi akan Pentingnya Berwirausaha Bagi Generasi Z di Kota Metro


Perancangan media ini bertujuan untuk membantu para generasi muda di Kota Metro khususnya generasi Z untuk membangun dan menciptakan ide wirausaha dan bisnis. Agar dapat mendukung perekonomian wilayah Kota Metro, serta meningkatkan minat berwirausaha dikalangan generasi muda. kurangnya minat berwirausaha pada kalangan generasi muda Kota Metro dapat menyebabkan rendahnya perkembangan perekonomian kota dan juga meningkatkan keinginan generasi muda di Kota Metro untuk meninggalkan Kota demi mencari lowongan pekerjaan yang lebih banyak. Sehingga dibutuhkan gerakan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya berwirausaha, dengan begitu dibuatlah perancangan ini. Perancangan ini menggunakan metode Design Thinking. Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu Generasi Z (1996-2012) di Kota Metro, Provinsi Lampung sebagai audiens utama hasil karya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan proses wawancara dan observasi langsung. Kedua proses tersebut digunakan sebagai acuan untuk menilai media yang dikembangkan dan analisis pendukung proses perancangan kualitatif. Hasil akhir dari perancangan ini berupa media ambient untuk generasi Z di Kota Metro. Media ini berisi serangkaian kata yang dibuat sedemikian rupa untuk memicu terciptanya pemikiran generasi muda untuk memulai ide bisnis mereka.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2406200007

Keyword
Wirausaha Bisnis Generasi Z Kampanye Desain Komunikasi Visual