Klasifikasi Ulasan Palsu Pada Produk Kosmetik Menggunakan XGBoostRatu Mega Aprillia / Andika Setiawan, S.Kom., M.Cs / Teknik Informatika, 2024Ulasan online memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap keputusan pembelian serta jumlah uang yang dikeluarkan oleh konsumen. Namun, meningkatnya pertumbuhan e-commerce juga berdampak dengan bertumbuhnya ulasan online palsu.. Ulasan palsu adalah ulasan yang diberikan untuk menaikan atau ... |
Analisis Support Vector Machine (SVM) dengan Synthetic Minority Oversampling Technique (SMOTE) dalam Mengatasi Data Tidak Seimbang untuk Klasifikasi Ulasan Layanan KesehatanKathrine Brigita Soraya / Ahmad Luky Ramdani S.Kom., M.Kom / Undergraduate Thesis, 2024Penelitian ini mengeksplorasi penerapan Support Vector Machine (SVM) One vs Rest dan Synthetic Minority Oversampling Technique (SMOTE) untuk menangani ketidakseimbangan data dalam klasifikasi ulasan layanan kesehatan menggunakan Spark MLlib. CountVectorizer digunakan untuk mengubah kata dalam ulasan... |
ANALISIS SENTIMEN PADA ULASAN MAKANAN DI GOOGLE MAPS DI SEKITAR ITERA MENGGUNAKAN ALGORITMA MULTINOMIAL NAIVE BAYESHERIDHO / Meida Cahyo Untoro, S.Kom., M.Kom / Teknik Informatika, 2025Ulasan pengguna pada platform Google Maps telah menjadi sumber informasi utama bagi konsumen dalam menilai kualitas makanan dan layanan tempat makan, namun pengelolaan feedback secara manual menjadi tidak efisien karena volume dan keragaman data yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur ha... |
Implementasi Metode Modified K-Nearest Neighbor Untuk Analisis Sentimen Berbasis Aspek Pada Ulasan Google Maps Objek Wisata Di Kabupaten SamosirAnastasya Nurfitriyani Hidayat / Ahmad Luky Ramdani, S.Komp., M.Kom / Sains Data, 2025Sektor pariwisata merupakan sektor utama dalam pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Ulasan pengunjung penting karena memberikan informasi yang membantu meningkatkan kualitas objek wisata. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis sentimen berbasis aspek pada objek wisata di Kabup... |