(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Klasifikasi Ulasan Palsu Pada Produk Kosmetik Menggunakan XGBoost


Ulasan online memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap keputusan pembelian serta jumlah uang yang dikeluarkan oleh konsumen. Namun, meningkatnya pertumbuhan e-commerce juga berdampak dengan bertumbuhnya ulasan online palsu.. Ulasan palsu adalah ulasan yang diberikan untuk menaikan atau menurunkan reputasi produk atau jasa dengan memberikan pendapat yang tidak sebenarnya mengenai produk atau jasa yang diulas. Dari hasil survei yang dilakukan, 90% konsumen dan pemilik bisnis kosmetik setuju bahwa adanya ulasan palsu dapat merugikan konsumen dan produsen kosmetik. XGBOOST merupakan algoritma supervised learning yang biasa digunakan untuk klasifikasi, regresi dan ranking task. Pada penelitian sebelumnya, XGBoost berkinerja baik dalam mengklasifikasikan data ulasan produk online yang tidak seimbang. Dengan atribut data yang dipakai pada dataset adalah isi ulasan, rating ulasan, rekomendasi ulasan dan jumlah likes. Dan ekstraksi fitur yang digunakan adalah konten fitur dengan mencari nilai Maximum Cosine Similarity, sentiment fitur dengan melakukan analisis sentimen untuk mencari nilai polaritas sentimennya dan metadata fitur dengan menentukan nilai rating ulasan, rekomendasi dan jumlah likes. Model klasifikasi berhasil dibuat dengan tingkat akurasi 91%

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2406050151

Keyword
Ulasan Palsu, Kosmetik, Klasifikasi, XGBoost