[INFORMATIKA - 2017] Pembangunan Sistem Rekomendasi Dengan Metode Collaborative Filtering Item-Based (Studi Kasus : Tempat Sarapan Di Bandar Lampung)Intan Pravitasari (14113002) / Dr. Ir. Rinaldi Munir, M.T / Teknik Informatika, 2017Sarapan merupakan salah satu kegiatan yang sering terabaikan baik karena terburu-buru berangkat kerja atau sekolah, tidak sempat menyiapkan sarapan ataupun karena bingung memilih lokasi untuk sarapan. Padahal berdasarkan penelitian, sarapan banyak memberikan manfaat baik bagi tubuh salah satunya seb... |
IMPLEMENTASI APLIKASI CHATBOT BERBASIS AIML MENGGUNAKAN CASE BASED REASONING PADA WEBSITE DIM ITERA (STUDI KASUS : PENGISIAN DIM PADA PENERIMAAN MAHASISWA BARU ITERA)Ahmad Rizqi / Rajif Agung Yunmar, S.Kom., M.Cs. / Teknik Informatika, 2020Pada penerimaan mahasiswa baru Institut Teknologi Sumatera (ITERA), pengisian data induk mahasiswa (DIM) adalah salah satu hal yang wajib dilakukan. Pada proses pengisian, mahasiswa baru seringkali mengalami kesulitan atau masalah. Mahasiswa baru dapat menyampaikan masalah tersebut ke website yang t... |
PENGOPTIMALAN PROSES PENGELOMPOKKAN KAMAR ASRAMA MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE SKEWED GENERAL VARIABLE NEIGHBORHOOD SEARCH PADA ASPEK KUALITAS HASIL PENGELOMPOKKAN DAN WAKTU PEMROSESANAdinda Virguinia Ayu Permata Manihuruk / Rahman Indra Kesuma / Teknik Informatika, 2021Institut Teknologi Sumatera telah menyediakan fasilitas asrama untuk mahasiswa tingkat pertama. Berdasarkan ketetapan dan aturan akademik, ITERA membagi mahasiswa ke dalam kelompok kamar asrama yang dibagi berdasarkan asal daerah, program studi, kemampuan ekonomi, dan agama. Pembagian mahasiswa k... |
Analisis Perbandingan Distance Measure Pada K-Means Clustering Menggunakan Metode Evaluasi Silhouette Coefficient (Studi Kasus : Kepadatan Penduduk Kota Bandar Lampung)Wahyu Wiranti / Angga Wijaya S.Si., M.Si. / Teknik Informatika, 2021Distance measure digunakan untuk mengukur kemiripan data dalam suatu cluster. Hasil dari proses clustering akan menghasilkan hasil yang berbeda apabila distance measure yang digunakan berbeda [1]. Oleh karena itu, diperlukan penelitian untuk menganalisis perbandingan dari berbagai distance measure ... |
RANCANG BANGUN SISTEM REKOMENDASI DENGAN PENDEKATAN HYBRID UNTUK PEMILIHAN MAKEUP ARTIST MENGGUNAKAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINEMutiara Ruci / Ahmad Luky Ramdani, S.Komp., M.Kom. / Teknik Informatika, 2021Industri kecantikan saat ini mengalami peningkatan pertumbuhan dan daya jual. Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dalam situs resminya menyatakan industri kosmetik mengalami peningkatan sebesar 20% pada tahun 2017. Berbagai macam produk kecantikan seperti makeup, skincare serta layanan ke... |
Penerapan Metode MobileNet-SSD (Single Shot Detector) Untuk Mengenali Wajah Pemilik Laptop Dalam Menjaga PrivasiEdi Kurniawan / Arief Ichwani, S.Kom., M.Cs. / Teknik Informatika, -0001Salah satu teknologi yang saat ini banyak digunakan adalah laptop, di mana salah satu keunggulannya adalah mudah dibawa ke berbagai tempat. Namun saat mengerjakan sesuatu di luar terkadang seseorang membutuhkan suatu privasi di mana apa yang dikerjakan hanya dapat dilihat oleh pemiliknya saja. Aplik... |
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KELOMPOK KEILMUAN MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP TOPSIS DAN VIKOR (Studi Kasus : Program Studi Teknik Informatika ITERA)Dicky Hermawan / Ahmad Luky Ramdani, S.Komp., M.Kom. / Teknik Informatika, 2021Tugas akhir atau skripsi merupakan salah satu syarat mahasiswa dalam menempuh gelar sarjana. Dalam menentukan topik tugas akhir, mahasiswa harus sudah mengenal keahlian yang ia miliki agar proses pengerjaan tugas akhir tidak terhambat. Penentuan bidang keilmuan tugas akhir bukanlah hal yang mudah. T... |
PENGEMBANGAN AGENT ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA GAME “STREET FIGHTER II” MENGGUNAKAN METODE DEEP REINFORCEMENT LEARNINGDino Febriyanto / Rahman Indra Kesuma, S.Kom., M.Cs. / Teknik Informatika, 2021Video games adalah sumber hiburan bagi populasi yang luas dan memiliki efek yang bervariasi. Industri video games saat ini menjadi salah satu industri paling populer dan sukses di dunia. Seperti yang dikutip Grand View Research dalam situs resminya bahwa ukuran pasar global dari video games pada ... |