(0721) 8030188    [email protected]   

All of ITERA Repository
Titles

Perancangan Branding Pasar Seni PKOR Way Halim Sebagai Pusat Ruang Publik Kreatif di Bandar Lampung


View/Open

Author
Affan, Reydi Kurdi

Date Published
17 Dec 2025

Advisor
Arif Budiman, S.Sn., M.Sn.,

Subject
Desain Komunikasi Visual

Publisher


Perancangan Branding Pasar Seni PKOR Way Halim Sebagai Pusat Ruang Publik Kreatif di Bandar Lampung bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan serta potensi branding yang mampu memperkuat citra Pasar Seni PKOR sebagai ruang publik kreatif dan wadah aktivitas seni di Bandar Lampung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya identitas visual dan strategi komunikasi Pasar Seni PKOR sehingga keberadaannya sebagai pusat kreativitas belum dikenal secara luas oleh masyarakat. Metode perancangan dilakukan melalui observasi lapangan, wawancara, studi literatur, dan analisis visual untuk memahami karakteristik pasar seni, audiens target, serta aspek visual yang relevan dalam penguatan identitas. Hasil perancangan diwujudkan dalam konsep branding yang menekankan nilai kreativitas, partisipatif, dan komunitas. Media yang digunakan meliputi jamming mural interactive di area PKOR sebagai media utama, feed Instagram, katalog digital, stiker, x-banner sebagai media pendukung. Perancangan ini menghasilkan identitas visual dan media komunikasi yang diharapkan mampu meningkatkan visibilitas, daya tarik, serta keterlibatan masyarakat terhadap Pasar Seni PKOR Way Halim, sehingga dapat berfungsi lebih efektif sebagai pusat ruang publik kreatif di Bandar Lampung.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2512220019

Keyword