(0721) 8030188    [email protected]   

All of ITERA Repository
Titles

PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA EDUKASI UNTUK MEMPERKENALKAN NILAI-NILAI DAN BENTUK TATO SUKU MENTAWAI BAGI ANAK USIA 11-13 TAHUN


Tato Mentawai atau "Titi" merupakan warisan budaya tertua Indonesia (1500-500 SM) dengan makna filosofis yang mendalam, namun menghadapi ancaman kepunahan di kalangan generasi muda, dengan 76% siswa sekolah dasar di Kota Padang tidak mengenalnya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang permainan papan edukatif untuk meningkatkan pengetahuan tentang tato Mentawai di kalangan anak-anak usia 11-13 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam dengan narasumber salah satu Yayasan nonprofit di Mentawai, data yang di dapat adalah kepercayaan suku Mentawai adalah arat sabulungan yaitu kepercayaan terhadap roh, terdapat 7 motif tato suku Mentawai diantaranya; shibalubalu, geylat, durukat, sarepak abak, gagai, salio dan labi, survei, dan analisis data menggunakan ATUMICS untuk mengidentifikasi dan membedah elemen-elemen tato Mentawai, dengan desain berdasarkan Educational Game Design Fundamentals. Hasil desainnya adalah permainan papan "Petualangan Tato Mentawai" yang menampilkan mekanisme pengumpulan berbasis petualangan untuk 2-4 pemain, menggabungkan 7 motif tato utama dengan konten edukatif terintegrasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa permainan papan terbukti efektif sebagai media game-based learning untuk pelestarian budaya, dengan kontribusi teoritis berupa model analisis ATUMICS untuk desain permainan budaya dan kontribusi praktis sebagai media pendidikan alternatif untuk sekolah.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2512180018

Keyword