PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA EDUKASI UNTUK
MEMPERKENALKAN NILAI-NILAI DAN BENTUK TATO SUKU
MENTAWAI BAGI ANAK USIA 11-13 TAHUN
Tato Mentawai atau "Titi" merupakan warisan budaya tertua Indonesia (1500-500
SM) dengan makna filosofis yang mendalam, namun menghadapi ancaman
kepunahan di kalangan generasi muda, dengan 76% siswa sekolah dasar di Kota
Padang tidak mengenalnya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang permainan
papan edukatif untuk meningkatkan pengetahuan tentang tato Mentawai di
kalangan anak-anak usia 11-13 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah
pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam dengan narasumber salah satu
Yayasan nonprofit di Mentawai, data yang di dapat adalah kepercayaan suku
Mentawai adalah arat sabulungan yaitu kepercayaan terhadap roh, terdapat 7 motif
tato suku Mentawai diantaranya; shibalubalu, geylat, durukat, sarepak abak, gagai,
salio dan labi, survei, dan analisis data menggunakan ATUMICS untuk
mengidentifikasi dan membedah elemen-elemen tato Mentawai, dengan desain
berdasarkan Educational Game Design Fundamentals. Hasil desainnya adalah
permainan papan "Petualangan Tato Mentawai" yang menampilkan mekanisme
pengumpulan berbasis petualangan untuk 2-4 pemain, menggabungkan 7 motif tato
utama dengan konten edukatif terintegrasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa
permainan papan terbukti efektif sebagai media game-based learning untuk
pelestarian budaya, dengan kontribusi teoritis berupa model analisis ATUMICS
untuk desain permainan budaya dan kontribusi praktis sebagai media pendidikan
alternatif untuk sekolah.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2512180018
Keyword