PERANCANGAN BRANDING CERITA RAKYAT LAMPUNG “SI PAHIT LIDAH” UNTUK MENINGKATKAN MINAT ANAK TERHADAP CERITA RAKYAT
Perancangan branding cerita rakyat Lampung “Si Pahit Lidah” bertujuan untuk memperbarui media hiburan dan edukasi anak, Anak-anak zaman sekarang yang seringkali diberikan gadget untuk media hiburan dan pembelajaran memiliki ketertarikan lebih kepada video atau konten anak, hal ini tentunya dikarenakan mudahnya bagi anak untuk mensgakses media tersebut, dan karena tidak sedikit dari video tersebut memberikan pembalajaran untuk anak, akan tetapi pada saat ini masyarakat masih memberikan sedikit perhatian kepada budaya atau cerita rakyat Indonesia, kebanyakan dari media yang beredar dikalangan anak hanya menceritakan cerita fiksi atau aksi heroik budaya luar, hal ini cukup miris dikarenakan anak adalah masa depannya Indonesia. Perancangan ini akan berfokus pada perancangan branding cerita rakyat Si Pahit Lidah, yang akan dijadikan sebagai solusi kreatif yang bertujuan untuk mempromosikan dan mengkampanyekan cerita rakyat Indoneisa terutama Lampung untuk memberikan wawasan dan edukasi akan indahnya Sejarah dan budaya indonesia. Brand kartun animasi anak ini akan dirancang mengunakan pendekatana teknologi terdepan dari indurstri hiburan anak seperti Pixar dan Dreamwork animation studio yaitu 3d animasi dengan memberikan tayangan dengan cerita menarik dan visual yang fantastis, brand animasi anak ini diharapkan dapat membuai hasil seperti kartun anak terkemuka di asia yaitu pada zaman dahulu kala dan upin & ipin. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi perancangan ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi dan studi literatur. Proses penelitian dilakukan di daerah Bandar Lampung, serta pengamatan di media sosial.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2512180009
Keyword
Cerita rakyat Lampung, Budaya indonesia, Sejarah I