PERANCANGAN ARTBOOK SEBAGAI CONCEPT ART
GAME UNTUK MEDIA EDUKASI PENGENALAN FLORA
DAN FAUNA SUMATERA
Konservasi keanekaragaman hayati Sumatera menghadapi tantangan
serius akibat kerusakan habitat dan kurangnya kesadaran publik,
khususnya di kalangan anak-anak. Permasalahan utama yang diangkat
adalah rendahnya minat dan pengetahuan anak-anak usia 9–12 tahun
terhadap flora dan fauna endemik Sumatera karena keterbatasan media
pembelajaran yang kurang interaktif dan menarik. Oleh karena itu,
perancangan ini bertujuan untuk menciptakan sarana edukasi visual
yang inovatif dan efektif. Metode perancangan yang digunakan adalah
melalui analisis 5W+1H (What, Who, Why, Where, When, dan How)
untuk mengidentifikasi urgensi masalah, karakteristik target audiens,
dan merumuskan strategi komunikasi visual yang tepat. Pendekatan
visual yang diterapkan menggunakan gaya ilustrasi yang menarik,
imajinatif, dan ramah anak. Solusi yang dihasilkan adalah perancangan
Artbook yang berfungsi sebagai Concept Art (panduan visual) lengkap
untuk pengembangan media selanjutnya, yaitu Game Edukasi bertema
pengenalan dan pelestarian flora dan fauna Sumatera. Artbook ini berisi
aset-aset visual utama seperti ilustrasi spesies flora dan fauna, desain
karakter, ilustrasi lingkungan, objek pendukung, serta moodboard
visual yang siap diimplementasikan ke dalam format game.
Perancangan ini diharapkan tidak hanya menjadi konsep visual, tetapi
juga dapat menjadi pemicu peningkatan kesadaran dan minat anak-anak
terhadap pelestarian alam Sumatera sejak usia dini.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2512170021
Keyword
Flora dan Fauna Sumatera Artbook Concept Art Game Edukasi