Optimalisasi Frekuensi Perjalanan Krl Lintas Jakarta Kota–Tanjung Priok
Kereta Rel Listrik (KRL) merupakan moda transportasi massal yang berperan penting dalam mendukung mobilitas masyarakat Jabodetabek. Salah satu lintas yang berpotensi dioptimalkan adalah rute Jakarta Kota–Tanjung Priok, karena memiliki headway yang relatif lama dibandingkan lintas utama lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proyeksi jumlah penumpang, menghitung kapasitas lintas eksisting, serta merumuskan skenario pengoptimalan frekuensi perjalanan KRL pada lintas tersebut. Metode yang digunakan meliputi analisis regresi linier sederhana, perhitungan kapasitas lintas, dan analisis load factor untuk menilai tingkat keterisian penumpang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan kapasitas lintas masih di bawah 60%, sehingga masih memungkinkan peningkatan frekuensi perjalanan tanpa penambahan infrastruktur baru. Berdasarkan hasil analisis, disusun rencana pengoptimalan headway dari 30 menit menjadi 20 menit pada jam sibuk guna meningkatkan efisiensi dan kenyamanan layanan.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2512010017
Keyword
KRL, kapasitas lintas, load factor