(0721) 8030188    [email protected]   

All of ITERA Repository
Titles

Analisis Keausan Dan Prediksi Usia Pakai Rel Pada Lengkung Fatmawati MRT Jakarta


View/Open

Author
PUAN, MAHARANI

Date Published
17 Oct 2025

Advisor
Ir. J.R.C Hosang,M.T.,
Siti Maulidina, M.Eng.,

Subject
Teknik Perkeretaapian

Publisher


Keausan (wear) merupakan proses pengikisan material pada permukaan rel akibat interaksi mekanis berulang antara roda dan rel yang menyebabkan terlepasnya partikel kecil dari kepala rel. Faktor penyebab utamanya meliputi gesekan, gaya sentrifugal, gaya lateral, passing tonase, kondisi lingkungan, kualitas material, dan kurangnya pelumasan. Salah satu lokasi dengan tingkat keausan tertinggi di jalur MRT Jakarta adalah Lengkung Fatmawati dengan radius 180 meter. Penelitian ini menganalisis tingkat keausan rel, faktor penyebab, serta memprediksi usia pakai menggunakan metode Regresi Linier Sederhana dan AREA. Data diperoleh dari hasil pengukuran tim Civil Permanent Way Maintenance (CPWM) PT MRT Jakarta pada periode Mei 2024 - Juni 2025 yang meliputi data keausan horizontal dan vertikal pada jalur Up Track dan Down Track. Hasil penelitian menunjukkan keausan horizontal sebagai jenis keausan dominan dengan nilai mencapai lebih dari 5 mm pada umur 84 bulan, sedangkan keausan vertikal di bawah 1,5 mm. Perbandingan tiga radius 180 m, 300 m, dan 600 m menunjukkan bahwa semakin kecil radius lengkung, semakin tinggi laju keausan rel. Prediksi usia pakai berdasarkan metode Regresi Linier memperkirakan batas keausan tercapai pada tahun 2029–2030, sedangkan metode AREA memberikan estimasi lebih panjang hingga 2034. Perbedaan ini menunjukkan regresi linier merepresentasikan kondisi aktual, sedangkan AREA bersifat teoretis jangka panjang.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2511250027

Keyword
Keausan Rel Umur Pakai Rel Regresi Linier Metode AREA Lengkung Fatmawati MRT Jakarta