PENGARUH GETARAN LONGITUDINAL TERHADAP KINERJA REDAMAN DRAFT GEAR PADA AUTOMATIC COUPLER KERETA PENUMPANG
Perkembangan transportasi perkeretaapian menuntut peningkatan keselamatan dan kenyamanan, salah-satunya melalui pengendalian getaran longitudinal pada rangkaian kereta penumpang. Getaran longitudinal yang ditransmisikan melalui automatic coupler berpotensi memengaruhi kinerja draft gear, yang berfungsi sebagai peredam gaya tarik dan dorong antar gerbong. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja redaman rubber draft gear pada automatic
coupler kereta penumpang kelas ekonomi K3 dengan menggunakan simulasi dinamik berbasis MATLAB Simulink. Model sistem dua derajat kebebasan digunakan untuk merepresentasikan interaksi antara
lokomotif dan kereta penumpang dengan mempertimbangkan parameter massa, kekakuan pegas, dan koefisien redaman. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai percepatan RMS getaran longitudinal sebesar 0,1736 m/
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2511210004
Keyword
Kereta Penumpang Automatic Coupler Draft Gear Getaran Longitudinal Redaman Simulasi MATLAB ISO 2631