PENGARUH GETARAN LONGITUDINAL TERHADAP KINERJA REDAMAN DRAFT GEAR PADA AUTOMATIC COUPLER KERETA PENUMPANG
Perkembangan transportasi perkeretaapian menuntut peningkatan keselamatan dan kenyamanan, salah-satunya melalui pengendalian getaran longitudinal pada rangkaian kereta penumpang. Getaran longitudinal yang ditransmisikan melalui automatic coupler berpotensi memengaruhi kinerja draft gear, yang berfungsi sebagai peredam gaya tarik dan dorong antar gerbong. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja redaman rubber draft gear pada automatic coupler kereta penumpang kelas ekonomi K3 dengan menggunakan simulasi dinamik berbasis MATLAB Simulink. Model sistem dua derajat kebebasan digunakan untuk merepresentasikan interaksi antara lokomotif dan kereta penumpang dengan mempertimbangkan parameter massa, kekakuan pegas, dan koefisien redaman. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai percepatan RMS getaran longitudinal sebesar 0,1736 m/s^2, yang menurut standar ISO 2631 termasuk kategori nyaman. Walaupun terjadi lonjakan percepatan maksimum sebesar 0,7139 m/s^2 pada awal pengukuran (t = 2 detik), kondisi tersebut tidak mendominasi respon keseluruhan karena nilai RMS tetap berada dalam batas kenyamanan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa rubber draft gear mampu meredam getaran longitudinal secara efektif, serta mendukung terciptanya kenyamanan dan keselamatan perjalanan kereta penumpang.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2511190004
Keyword