(0721) 8030188    [email protected]   

Analisis Quality Of Service (Qos) Pada Jaringan Operator Seluler 4G LTE di Perpustakaan Pusat UIN Raden Intan Lampung


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis performa jaringan 4G LTE dari lima penyedia layanan seluler Telkomsel, XL Axiata, Indosat, Smartfren, dan Tri di lingkungan indoor bertingkat Gedung Perpustakaan Pusat UIN Raden Intan Lampung. Pengumpulan data dilakukan selama empat hari dalam dua rentang waktu (pagi dan siang) menggunakan metode walktest dengan aplikasi G-NetTrack Pro dan Monitoring lalu lintas paket dengan Wireshark. Parameter yang diuji mencakup Delay, Jitter, Throughput, Packet Loss, RSRP dan RSRQ. Berdasarkan hasil pengukuran, Skor rata-rata QoS secara keseluruhan di Perpustakaan Pusat UIN Raden Intan Lampung berada pada angka 3,15 (kategori memuaskan), dengan XL Axiata mencatat performa tertinggi QoS dengan nilai terendah 3,25 (kategori memuaskan) dan nilai tertinggi 3,42 (kategori memuaskan). Sedangkan Telkomsel mencatat performa terendah dengan nilai terendah 3,00 (kategori kurang memuaskan) dan nilai tertinggi 3,13 (kategori memuaskan). Pada umumnya, nilai seluruh parameter pada sesi I (09.00-11.00) lebih unggul dibandingkan sesi II (13.00-15.00).

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2511040017

Keyword
QoS Walktest Monitoring TIPHON