(0721) 8030188    [email protected]   

EVALUASI GEOMETRI JALAN TAMBANG FOB SISI BARAT TERHADAP PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT PADA PENAMBANGAN BATUBARA DI PT BUKIT ASAM Tbk


Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi kondisi geometri jalan angkut tambang pada jalur FOB sisi barat PT Bukit Asam Tbk, yang menghubungkan Stockpile Westham dengan Stockpile Lavender sepanjang 3,8 km. Fokus penelitian adalah mengevaluasi pengaruh produktivitas dump truck berdasarkan kesesuaian lebar jalan lurus, lebar tikungan, kemiringan jalan (grade), kemiringan melintang (crossfall), dan superelevasi terhadap standar Kepmen ESDM No. 1827 K/30/MEM/2018. Metode penelitian meliputi pengumpulan data primer melalui pengukuran langsung di lapangan, serta data sekunder berupa spesifikasi teknis alat angkut dan data topografi. Pengukuran dibantu dengan menggunakan perangkat lunak Minescape 5.7. Evaluasi dilakukan dengan menghitung cycle time aktual dump truck Volvo FMX 460 dan produktivitasnya, kemudian dibandingkan dengan hasil simulasi perbaikan jalan. Hasil penelitian menunjukkan kondisi aktual jalan angkut banyak yang tidak sesuai standar, terutama pada lebar jalan lurus dan tikungan. Hal ini menyebabkan cycle time dump truck rata-rata 41,68 menit per siklus, sehingga produktivitas aktual dump truck 115.855 BCM/bulan masih di bawah target perusahaan. Setelah dilakukan perbaikan, cycle time menurun menjadi 35,92 menit per siklus dan produktivitas meningkat menjadi 157.242 BCM/bulan, melampaui target produksi. Penelitian ini menyimpulkan perbaikan geometri jalan angkut berpengaruh signifikan terhadap produktivitas dan keselamatan hauling, dengan rekomendasi pelebaran jalan, pengaturan crossfall, serta penerapan superelevasi sesuai standar.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2511020016

Keyword
jalan angkut tambang, geometri jalan, cycle time,