Penerapan Model IndoBERT pada Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Kesehatan
(Studi Kasus : Aplikasi Kesehatan pada Google Play Store)
Penggunaan aplikasi kesehatan meningkat pesat sejak masa pandemi, namun banyaknya ulasan pengguna di Google Play Store sering menyebabkan information overload, yang menyebabkan pengguna kesulitan untuk melihat kualitas aplikasi sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis opini masyarakat terhadap aplikasi kesehatan, mengevaluasi kinerja IndoBERT dalam analisis sentimen, serta mengidentifikasi faktor sentimen positif dan negatif. Data yang digunakan yaitu data ulasan dari 50 aplikasi kesehatan dikumpulkan pada periode Agustus 2024 hingga Januari 2025. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas ulasan bersentimen positif, dan model IndoBERT menghasilkan akurasi serta f1-score sebesar 95%. Persepsi positif didominasi kemudahan penggunaan dan manfaat aplikasi, sedangkan persepsi negatif umumnya terkait masalah teknis seperti kegagalan verifikasi dan kesulitan daftar. Penelitian ini memberikan gambaran opini publik sekaligus validasi efektivitas IndoBERT dalam menganalisis sentimen berbahasa Indonesia.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2509260002
Keyword
aplikasi kesehatan, analisis sentimen, IndoBERT