(0721) 8030188    [email protected]   

Klasifikasi Pertanyaan Chatbot Pelayanan Kuliah Menggunakan K-Nearest Neighbor


Salah satu bidang yang dapat memanfaatkan chatbot adalah layanan penerimaan mahasiswa baru. Di Indonesia, setiap tahun terdapat banyak sekali calon mahasiswa yang bersaing untuk masuk universitas dan menjadi rumit karena proses penerimaan mahasiswa baru, terutama karena informasi yang tidak memadai dan sumber pihak admin yang tidak bisa diandalkan. Di sisi lain universitas juga berjuang mengolah volume pertanyaan pelamar karena kurangnya sumber daya manusia dan proses otomatis. Dengan ini diperlukan sebuah chatbot untuk menjawab pertanyaan mahasiswa baru. Penelitian bertujuan untuk mengetahui implementasi chatbot pelayanan kuliah dengan metode K-nearest neighbor. K-nearest neighbor memiliki kelebihan dapat digunakan pada data set kecil maupun menengah. Dalam penelitian ini menggunakan dataset dari kaggle. Data set menggunakan bahasa inggris yang terdiri dari 131 pattern, 6 kategori dan 6 respon. Dalam pembagian data latih dan data uji 80:20. Alur penelitian dimulai dari identifikasi masalah, studi literartur, pengumpulan data, pemodelan data, evaluasi, analisis dan pembahasan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode k-nearest neighbor mendapatkan akurasi, presisi dan recall 100 %, 100%, dan 100% secara berturut-turut .

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2509240013

Keyword
Klasifikasi Chatbot K-Nearest Neighbor