(0721) 8030188    [email protected]   

ANALISIS KARAKTERISTIK LALU LINTAS DAN PERSEPSI PENGGUNA JALAN TERHADAP PENGARUH FASILITAS U-TURN (STUDI KASUS: RUAS JALAN TEUKU UMAR BANDAR LAMPUNG)


Ruas jalan Teuku Umar Bandar Lampung memiliki tingkat aktivitas lalu lintas tinggi sehingga berpotensi menimbulkan konflik pergerakan kendaraan di sekitar area U-Turn. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan karakteristik lalu lintas dengan tingkat kemacetan serta mengevaluasi pengaruh persepsi pengguna jalan terhadap keberadaan U-Turn. Namun, penelitian terdahulu umumnya hanya berfokus pada analisis teknis lalu lintas, tanpa mengaitkannya dengan aspek persepsi pengguna jalan. Hubungan kecepatan, volume, dan kerapatan dianalisis menggunakan model Greenshield, Greenberg, dan Underwood. Hasil analisis menunjukkan model Greenberg yang mendekati kondisi lapangan. Kondisi jalur arah utara menuju selatan (U-S) memiliki derajat kejenuhan sebesar 0,93, melewati batas maksimum PKJI (DS ≥ 0,85), yang menandakan kondisi jalan telah jenuh dan berpotensi menimbulkan kemacetan, terutama di area U-Turn. Pada persepsi pengguna jalan didapatkan variabel yang berpengaruh terhadap kemacetan lalu lintas yaitu karakteristik pengendara, kepatuhan pengendara, perilaku pengendara, ketersediaan rambu, dan peran petugas/institusi, dengan hasil analisis nilai koefisien determinasinya sebesar 0,667, yang artinya variabel independen mampu menjelaskan variabel kemacetan lalu lintas sebesar 66,7%. Keterkaitan antara kedua hasil analisis ini terlihat jelas, di mana dilihat dari data teknis maupun persepsi pengguna jalan diperoleh bukti konsisten bahwa U-Turn berpotensi mengalami kemacetan.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2509220089

Keyword