RE-DESAIN SEKOLAH TK NUSANTARA, PUBIAN
LAMPUNG TENGAH DENGAN PENDEKATAN
ARSITEKTUR PERILAKU
Proyek Redesain Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) Nusantara
di Pubian, Lampung Tengah dilatarbelakangi oleh kondisi sekolah
yang tidak lagi layak dan tidak memenuhi standar ideal, yang
menyebabkan kepadatan siswa dan keterbatasan fasilitas.
Akibatnya, kualitas kegiatan belajar-mengajar menjadi kurang
optimal. Mengadopsi pendekatan arsitektur perilaku, desain ini
bertujuan untuk menciptakan bangunan yang dapat
mempengaruhi interaksi, emosi, dan perkembangan kognitif anak
secara positif. Desainnya menitikberatkan pada daya tarik visual,
fungsi optimal, serta kenyamanan melalui sirkulasi udara dan
pencahayaan yang baik. Sekolah ini dirancang untuk
mengakomodasi 60 siswa yang akan dibagi ke dalam empat
kelompok belajar. Fasilitas yang tersedia mencakup ruang kelas,
area bermain, ruang guru, ruang administrasi, dan pendukung
lainnya seperti aula, mushola, gudang, dan ruang kesehatan.
Dengan penerapan arsitektur perilaku, redesain ini diharapkan
dapat menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan
menstimulasi untuk mendukung perkembangan psikologis dan
akademik anak usia dini.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2509190054
Keyword
Re-desain taman kanak-kanak arsitektur perilaku