(0721) 8030188    [email protected]   

RE-DESAIN SEKOLAH TK NUSANTARA, PUBIAN LAMPUNG TENGAH DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERILAKU


Proyek Redesain Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) Nusantara di Pubian, Lampung Tengah dilatarbelakangi oleh kondisi sekolah yang tidak lagi layak dan tidak memenuhi standar ideal, yang menyebabkan kepadatan siswa dan keterbatasan fasilitas. Akibatnya, kualitas kegiatan belajar-mengajar menjadi kurang optimal. Mengadopsi pendekatan arsitektur perilaku, desain ini bertujuan untuk menciptakan bangunan yang dapat mempengaruhi interaksi, emosi, dan perkembangan kognitif anak secara positif. Desainnya menitikberatkan pada daya tarik visual, fungsi optimal, serta kenyamanan melalui sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik. Sekolah ini dirancang untuk mengakomodasi 60 siswa yang akan dibagi ke dalam empat kelompok belajar. Fasilitas yang tersedia mencakup ruang kelas, area bermain, ruang guru, ruang administrasi, dan pendukung lainnya seperti aula, mushola, gudang, dan ruang kesehatan. Dengan penerapan arsitektur perilaku, redesain ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan menstimulasi untuk mendukung perkembangan psikologis dan akademik anak usia dini.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2509190054

Keyword
Re-desain taman kanak-kanak arsitektur perilaku