PERANCANGAN FILTER PASIF PADA GARDU TRAKSI DI STASIUN CITAYAM GUNA MENGURANGI EFEK DISTORSI HARMONISA
Penelitian ini berfokus untuk mengatasi permasalahan penurunan kualitas daya pada Kereta Rel Listrik (KRL) di Gardu Traksi Stasiun Citayam yang disebabkan oleh efek harmonisa. Efek harmonisa timbul dari proses penyearahan arus bolak-balik (AC) menjadi arus searah (DC) menggunakan silicon rectifier, yang dapat mengakibatkan penurunan tegangan, perlambatan, atau bahkan penghentian operasional KRL. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Penelitian ini tidak melakukan pengukuran langsung, melainkan menggunakan data asumsi yang dirata-ratakan dari tiga jurnal terkait sebagai data primer. Data yang dianalisis adalah nilai Total Harmonic Distortion (THD) arus dan tegangan, khususnya pada orde harmonisa ke-5, ke-7, dan ke-11 yang diidentifikasi sebagai penyumbang harmonisa tertinggi. Untuk meredam harmonisa, penelitian ini merancang filter pasif single tuned menggunakan perangkat lunak ETAP (Electric Transient Analysis Program). Rancangan ini bertujuan untuk meredam distorsi harmonisa, sehingga kualitas listrik kembali membaik dan menjaga keandalan gardu traksi serta mengoptimalkan perjalanan KRL.Filter pasif single tuned pada penelitian ini mampu meredam harmonisa hingga 0,009%.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2509160051
Keyword
gardu traksi filter pasif single tuned harmonisa traction substation passive filter single tuned harmonic