(0721) 8030188    [email protected]   

TINGKAT KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK AUTOCAD UNTUK MENGHADAPI MATA KULIAH GAMBAR TEKNIK


Kemajuan teknologi dalam pendidikan tinggi, khususnya teknik sipil, menuntut mahasiswa menguasai perangkat lunak seperti AutoCAD untuk mendukung pembelajaran digital. Penelitian ini bertujuan mengukur kemampuan mahasiswa dalam menggunakan AutoCAD pada mata kuliah gambar teknik di Program Studi Teknik Sipil Institut Teknologi Sumatera. Sampel penelitian berjumlah 147 mahasiswa angkatan 2024 yang ditentukan melalui rumus Slovin (e = 1%). Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan kuesioner dan wawancara. Hasil awal menunjukkan mayoritas mahasiswa berada pada kategori cukup paham (40,1%–60%), terutama pada penguasaan garis, bentuk sederhana, dan manajemen gambar. Sebanyak 69,6% responden belum pernah mengikuti pelatihan AutoCAD. Setelah pelatihan kombinasi sinkronus dan asinkronus, kemampuan meningkat menjadi kategori paham (60,1%–80%). Uji t menghasilkan nilai signifikansi < 0,05, yang membuktikan bahwa pelatihan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2509110074

Keyword