ANALISIS PENGARUH SAMBUNGAN REL TERHADAP KESELAMATAN DAN KENYAMANAN OPERASI KERETA API PENUMPANG (STUDI KASUS LINTAS STASIUN TANJUNG KARANG – STASIUN REJOSARI)
Sambungan rel merupakan titik kritis pada infrastruktur jalan rel yang memengaruhi kenyamanan dan keselamatan perjalanan kereta api penumpang. Penelitian ini menganalisis pengaruh sambungan rel pada lintas Stasiun Tanjung Karang – Stasiun Rejosari melalui pengukuran nilai dari Track Quality Index (TQI) dan Indeks ketidak rataan Longitudinal (IRI Roadbump), survei persepsi penumpang dengan Analytic Hierarchy Process (AHP), serta evaluasi risiko kegagalan menggunakan Failure Mode, Effects, and Criticality Analysis (FMECA) dan Weighted Risk Priority Number (WRPN). Hasil menunjukkan sambungan dengan TQI dan IRI tinggi menghasilkan hentakan besar yang menurunkan kenyamanan. AHP mengidentifikasi hentakan sebagai faktor dominan, sedangkan FMECA menunjukkan nilai RPN tertinggi pada sambungan las thermit dengan mode kegagalan “korosi pada sambungan”. Penelitian ini merekomendasikan penggantian las thermit menjadi flash butt welding serta penggantian sambungan mekanis menjadi sambungan las permanen untuk memperbaiki kualitas geometri rel, menurunkan risiko kegagalan, dan meningkatkan kenyamanan serta keselamatan.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2509100008
Keyword
sambungan rel kenyamanan keselamatan TQI IRI AHP FMECA WRPN flash butt welding