PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN SUBSISTEM MONITORING DAN EVALUASI KURIKULUM PADA SISTEM OBE (OUTCOME-BASED EDUCATION) MENGGUNAKAN METODE RAD (STUDI KASUS: PKPP ITERA)
Outcome-Based Education (OBE) adalah pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada capaian pembelajaran dan memerlukan sistem monitoring serta evaluasi yang terstruktur. Di PKPP ITERA, proses monitoring capaian pembelajaran masih dilakukan secara manual menggunakan Excel, yang menimbulkan berbagai kendala seperti potensi kesalahan input, kurang efisien, serta sulit dianalisis. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan sebuah subsistem monitoring dan evaluasi kurikulum berbasis website dengan menggunakan metode Rapid Application Development (RAD). Sistem ini dikembangkan menggunakan framework Next.js dan Prisma ORM sebagai penghubung database PostgreSQL. Evaluasi sistem meliputi pengujian fungsional (black box testing), pengujian non-fungsional pada aspek portability, availability, dan performance, serta User Acceptance Testing (UAT) berbasis role pengguna. Hasil pengujian fungsional menunjukkan tingkat keberhasilan 100
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2508200032
Keyword
OBE Kurikulum Monitoring Evaluasi RAD Sistem Informasi