Evaluasi Modul Pembelajaran HSE Basic Berbasis E-learning Menggunakan Pendekatan Kikrpatrick’s Four-Level Model: Studi Kasus pada Pegawai PT Bukit Asam Tbk
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas modul pembelajaran HSE Basic berbasis e-learning serta menganalisis pengaruh antar variabel menggunakan pendekatan Kirkpatrick’s Four-Level Model yang difokuskan pada tiga level pertama, yaitu Reaction, Learning, dan Behavior baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui kualitas pembelajaran sebagai variabel mediasi. Data dikumpulkan dari 162 pegawai di PT Bukit Asam Tbk yang telah menyelesaikan penugasan modul HSE Basic melalui platform Google Form dan dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan software SmartPLS versi 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi Kirkpatrick’s berpengaruh positif terhadap ketercapaian pembelajaran dengan nilai original sample sebesar 0,224 dan kualitas pembelajaran dengan nilai original sample 0,734 pada tingkat signifikansi 5%. Kualitas pembelajaran juga berpengaruh positif terhadap ketercapaian pembelajaran dengan nilai original sample 0,751 dan P-value 0,000, serta sebagai mediator mampu memperkuat pengaruh evaluasi kirkpatrick’s dan ketercapaian pembelajaran dengan nilai original sample 0,551 dan P-value 0,000. Temuan ini menegaskan bahwa efektivitas pelatihan tidak hanya ditentukan oleh isi materi dan penyampaian, tetapi juga dipengaruhi oleh pengalaman belajar yang berkualitas serta implementasi hasil pelatihan di lingkungan kerja. Berdasarkan hasil tersebut, disusun rancangan perbaikan pembelajaran yang difokuskan pada pengembangan konten materi, metode penyajian, serta media pendukung pelatihan.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2508170005
Keyword
Kirkpatrick’s Four-Level Model Kualitas Pembelajaran Ketercapaian Pembelajaran