(0721) 8030188    [email protected]   

PERANCANGAN LEARNING CENTER BAGI DISABILITAS INTELEKTUAL DENGAN PENDEKATAN INCLUSIVE DESIGN DI KOTA METRO LAMPUNG


Terbatasnya akses terhadap pendidikan inklusif yang layak bagi penyandang disabilitas intelektual, terutama dalam hal lingkungan belajar yang ramah, adaptif, dan mendukung perkembangan kognitif serta sosial, menjadi latar belakang perancangan proyek ini. Learning Center dirancang tidak hanya sebagai tempat belajar, tetapi juga sebagai ruang tumbuh yang aman, nyaman, dan memberdayakan dengan menerapkan pendekatan Inclusive Design. Proyek berlokasi di Kota Metro dengan luas tapak 8.010 m². Pendekatan Inclusive Design dipilih karena mampu menghadirkan ruang yang setara dan dapat diakses oleh semua kalangan, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan fisik maupun intelektual. Hasil perancangan meliputi: pembuatan ruang-ruang belajar yang dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan sensorik anak penyandang disabilitas intelektual, seperti penggunaan warna-warna lembut dan menenangkan yang mampu membantu mengurangi kecemasan serta meningkatkan konsentrasi. Pemilihan warna dinding, lantai, dan furnitur menghindari warna mencolok atau pola yang berlebihan agar tidak memicu gangguan sensorik. Ruang-ruang yang dirancang mencakup ruang kelas inklusif, ruang terapi, perpustakaan aksesibel, dan area interaksi sosial yang mendukung proses belajar, terapi, serta pengembangan diri bagi penyandang disabilitas intelektual.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2508120020

Keyword
Disabilitas Intelektual Inclusive Design Kota Metro Learning Center