(0721) 8030188    [email protected]   

PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI SEBAGAI MEDIA EDUKASI DAN REFLEKSI DIRI BAGI REMAJA USIA 15-24 TAHUN YANG SEDANG MENGALAMI KRISIS IDENTITAS


View/Open

Author
REHAN RAHMAN FAZA ,

Advisor

Koleksi
Desain Komunikasi Visual

Publisher


Krisis identitas merupakan tantangan yang sering dihadapi remaja dalam proses pencarian jati diri, terutama di era modern yang dipengaruhi oleh globalisasi dan media sosial. Fenomena ini dapat berdampak pada kesehatan mental dan perilaku remaja, baik secara positif maupun negatif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang buku ilustrasi sebagai media edukasi dan refleksi diri yang dapat membantu remaja memahami dan mengatasi fase krisis identitas secara lebih efektif. Dengan pendekatan desain komunikasi visual, buku ini dirancang untuk menyajikan konten yang relevan, bahasa yang mudah dipahami, serta ilustrasi yang emosional dan komunikatif. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif melalui wawancara, survei, serta studi literatur. Fokus penelitian berada di Provinsi Lampung dengan sasaran utama remaja berusia 15–24 tahun. Hasil perancangan menghasilkan sebuah buku ilustrasi berjudul "Jalan Identitas", yang terdiri dari empat bab berdasarkan teori status identitas oleh James Marcia: identity diffusion, foreclosure, moratorium, dan achievement. Narasi reflektif dan ilustrasi mendalam disusun untuk mewakili dinamika emosi dan pergolakan batin remaja. Selain itu, unsur lokal seperti motif Sumatera turut diintegrasikan untuk memperkuat nilai kultural dan koneksi emosional audiens. Melalui media ini, diharapkan remaja dapat memahami pentingnya membangun identitas diri yang kuat dan sehat sebagai bekal dalam menghadapi tekanan sosial dan psikologis.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2508080066

Keyword
Krisis Identitas Buku Ilustrasi Remaja