PERANCANGAN KOMIK EDUKASI TENTANG REGULASI EMOSI MARAH SEBAGAI UPAYA MENGENDALIKAN TANTRUM PADA ANAK 7-9 TAHUN
Tantrum merupakan permasalahan yang sering terjadi pada anak-anak, terutama saat mereka mengalami kesulitan dalam mengatur dan mengungkapkan emosinya dengan tepat. Kurangnya keterampilan regulasi emosi dapat menyebabkan perilaku negatif yang sulit diterima oleh lingkungan anak. Masa usia 7–9 tahun merupakan periode penting dalam pengembangan keterampilan emosi, sehingga diperlukan pendekatan edukatif yang menyenangkan dan sesuai usia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi pustaka. Metode perancangan yang digunakan dalam perancangan ini ialah metode Double Diamond di mana hasil dari perancangan media berupa komik edukasi menunjukkan bahwa pendekatan visual dan naratif mampu membantu anak memahami konsep regulasi emosi secara lebih ringan dan mudah dipahami.
Komik ini telah melalui proses uji coba terbatas kepada anak usia 7–9 tahun dan memperoleh tanggapan positif, baik dari segi ketertarikan terhadap isi maupun pemahaman terhadap materi yang disampaikan. Diharapkan komik yang berisikan 10 bab ini dapat menjadi alternatif media edukasi yang efektif dalam pembentukan karakter anak serta menjadi referensi kreatif untuk penyampaian materi psikologis kepada anak khususnya dalam mengelola emosi marah.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2508080050
Keyword
Regulasi emosi tantrum Anak usia 7-9 tahun Buku Komik edukasi anak komik