Perancangan Board Game Sebagai Media Edukasi Untuk Mengenal Makanan Khas Lampung Bagi Anak-Anak Sekolah Dasar Kelas 4 S.D 6
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang board game sebagai media edukatif untuk mengenalkan makanan khas Lampung. Dengan berkembangnya zaman, pengetahuan generasi muda tentang makanan tradisional semakin menurun, yang dapat mengancam kelestarian budaya kuliner lokal. Board game dipilih sebagai media interaktif dan menyenangkan untuk mengedukasi anak-anak, khususnya anak sekolah dasar kelas 4 s.d 6 usia 9-12 tahun, tentang kekayaan kuliner daerah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode perancangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Proses pengumpulan data meliputi wawancara dan studi literatur yang digunakan untuk pengumpulan informasi mendalam tentang makanan khas Lampung, merancang konten board game yang informatif dan menarik. Board game dipilih karena dinilai efektif untuk menangani kurangnya minat belajar anak-anak dan generasi muda saat ini, dengan board game mereka dapat belajar sambil bermain yang dapat dimainkan oleh anak-anak. Hasil yang didapatkan saat user test di SD Madrasah Ibtidaiyah Darul Istiqomah Srigading, Lampung Timur dengan jumlah anak yang diuji sebanyak 12 anak, setelah bermain penulis menyebarkan angket yang sama pada saat pretest dan menghasilkan nilai sebesar 96,41
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2508060069
Keyword
Board Game Kuliner Tradisional Media Edukasi Makanan Khas Lampung Perancangan