Perancangan Buku Ilustrasi Karakter Berbasis Motif Batik Lampung
Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang kaya akan nilai sejarah dan makna.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang buku ilustrasi karakter berbasis motif batik
Lampung yang ditujukan kepada Generasi Z usia 16 – 30 tahun (1995-2009). Buku
ilustrasi ini menampilkan karakter fantasi yang mengenakan pakaian yang terinspirasi
dari motif Batik Lampung, dengan visual yang menarik. Buku ini dirancang sebagai
media edukatif yang memperkenalkan makna dan sejarah motif Batik Lampung
melalui pendekatan visual yang modern. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif
dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara, studi literatur dan observasi,
kemudian dianalisis menggunakan Teknik SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities,
Threat). Menggunakan pendekatan teoritis seperti arketipe, referensi, dan bentuk.
Pada penulisan ini hasil rancangan yang digunakan berupa media buku ilustrasi
sebagai media utama, dengan gaya ilustrasi anime/manga.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2508060027
Keyword
Batik Lampung Buku ilustrasi karakter Generasi Z Budaya lokal