Hubungan Karakteristik Sosial-Ekonomi terhadap Pola Perjalanan Pengguna MRT Jakarta yang Beraktivitas Pada Kawasan TOD CSW-ASEAN
Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta adalah moda angkutan publik berbasis kereta api dengan kapasitas angkut tinggi dan frekuensi perjalanan yang intensif, yang dikembangkan untuk menjawab permasalahan kemacetan dan kebutuhan mobilitas di DKI Jakarta. Implementasi konsep Transit Oriented Development (TOD) menjadi salah satu pendekatan strategis dalam pengembangan MRT Jakarta, yakni pembangunan zona perkotaan yang berpusat pada transportasi
dengan mengintegrasikan layanan angkutan massal bersama dengan berbagai aktivitas urban seperti hunian, bisnis, dan fasilitas umum. Kawasan TOD CSW-ASEAN menjadi salah satu titik penting dalam jaringan MRT karena memiliki konektivitas antar moda dengan Transjakarta dan aktivitas perkotaan yang padat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik sosial-ekonomi dan pola perjalanan pengguna MRT Jakarta di kawasan TOD CSW-ASEAN, serta menganalisis hubungan antara kedua variabel tersebut. Rumusan masalah yang diangkat adalah: Bagaimana hubungan karakteristik sosial-ekonomi terhadap pola perjalanan pengguna MRT Jakarta yang beraktivitas pada kawasan TOD CSW- ASEAN? Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data primer berupa survei kuesioner kepada pengguna MRT di kawasan studi dengan analisis statistik deskriptif untuk menggambarkan karakteristik pengguna dan pola perjalanannya, serta teknik korelasi Rank Spearman dalam menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang bervariasi antara karakteristik sosial-ekonomi (seperti pendidikan, pekerjaan, dan pendapatan) terhadap elemen-elemen pola perjalanan (seperti frekuensi, maksud, dan tujuan perjalanan). Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam perencanaan transportasi perkotaan yang lebih inklusif dan berbasis data pengguna.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2508050029
Keyword
Mass Rapid Transit MRT Jakarta Transit Oriented Development Karakteristik Sosial-Ekonomi Karakteristik Pola Perjalanan