(0721) 8030188    [email protected]   

IDENTIFIKASI DAN MITIGASI RISIKO SISTEM BAHAN BAKAR LOKOMOTIF CC 201 TANJUNG KARANG MENGGUNAKAN METODE HAZARD AND OPERABILITY STUDIES (HAZOP)


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memitigasi risiko pada sistem bahan bakar lokomotif CC 201 Tanjung Karang dengan menggunakan metode Hazard and Operability Studies (HAZOP). Sistem bahan bakar memiliki peran penting dalam mendukung kinerja mesin diesel lokomotif agar tetap andal dan aman selama operasional. Analisis dilakukan untuk mengetahui potensi deviasi, tingkat risiko, serta strategi mitigasi yang dapat diterapkan guna mencegah kegagalan sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen yang paling berisiko adalah pompa bahan bakar (fuel pump), dengan deviasi seperti tidak adanya aliran, tekanan berlebih, tekanan rendah, dan aliran balik ke tangki yang dapat menyebabkan mesin gagal menyala atau mati mendadak. Dari 22 risiko yang teridentifikasi, 3 di antaranya dikategorikan berisiko tinggi. Untuk memitigasi risiko tersebut, dilakukan pemasangan sensor aliran dan tekanan dengan sistem alarm, serta penggunaan pompa bahan bakar berteknologi tinggi berbasis kontrol elektronik. Temuan ini memberikan dasar penting untuk peningkatan sistem keselamatan dan keandalan operasional lokomotif.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2508050018

Keyword
HAZOP Sistem bahan bakar Lokomotif CC 201 Risiko kegagalan Mitigasi risiko HAZOP Fuel system CC 201 locomotive Failure risk Risk mitigation