(0721) 8030188    [email protected]   

Potensi Penerapan Konsep Pedestrian And Bike Path Untuk Mendukung Mobilitas Yang Berkelanjutan Di Kawasan Pendidikan Itera Studi Kasus Koridor Ryacudu


Urbanisasi yang pesat di Bandar Lampung, terutama di koridor Ryacudu sebagai akses utama menuju Kawasan Pendidikan ITERA dan Jalan Tol Trans Sumatera, menyebabkan peningkatan lalu lintas dan kebutuhan akan sistem mobilitas berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner stated preference dan analisis kebijakan, serta analisis statistik dan spasial untuk mengkaji potensi jalur pedestrian dan sepeda. Hasil menunjukkan bahwa responden memiliki pengetahuan dan dukungan tinggi terhadap penerapan jalur tersebut, dengan minat yang cukup baik meskipun belum rutin digunakan. Faktor kenyamanan, keselamatan, dan kebijakan berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan. Secara spasial, kawasan Way Hui dinilai paling potensial untuk pengembangan jalur non-motorized. Temuan ini menunjukkan pentingnya integrasi perencanaan infrastruktur ramah lingkungan dalam kawasan pendidikan guna mendukung mobilitas berkelanjutan.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2508030003

Keyword
Jalur Pedestrian dan Sepeda, Kawasan Pendidikan Mo