ANALISIS PENGARUH ASPEK PLACE IDENTITY
FAMILIARITY DAN ATTACHMENT TERHADAP DAYA
TARIK RUANG TERBUKA DI KEBUN RAYA ITERA
Place identity merupakan sebuah konsep yang mengacu bagaimana
seseorang atau sekelompok mengidentifikasi diri mereka dengan
tempat tertentu dan bagaimana tempat tersebut mempengaruhi identitas
mereka. Kualitas ruang terbuka seperti kebun raya ITERA dapat dinilai
berdasarkan aspek place identity yang mencakup kriteria dengan
tingkat keakraban (familiarity) dan keterikatan emosional (attachment)
seseorang terhadap suatu ruang. Penelitian ini menggunakan
pendekatan deduktif dengan metode campuran (mix method), yang
mengintegrasikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk
memenuhi tujuan penelitian. Pada sasaran 1 penelitian ini yaitu
mengidentifikasi karakteristik ruang terbuka kebun raya ITERA.
Berdasarkan hasil observasi karakteristik kebun raya ITERA sudah
cukup baik. Kebun Raya ITERA memiliki elemen fisik, infrastruktur,
dan aksesibilitas yang nyaman dan layak digunakan. Penelitian ini
mengungkap bahwa kondisi lingkungan yang terjaga dengan baik
meningkatkan minat kunjungan ke Kebun Raya ITERA. Berdasarkan
analisis sasaran kedua, terungkap bahwa place identity familiarity dan
attachment secara signifikan memengaruhi ketertarikan terhadap ruang
terbuka. Di antara keduanya, place identity attachment memberikan
dampak yang lebih kuat. Dengan kata lain, keterikatan emosional
seseorang terhadap tempat lebih berperan dalam meningkatkan daya
tarik suatu ruang dibandingkan dengan sekedar rasa familiar atau
mengenal tempat tersebut. Faktor yang mempengaruhi daya tarik ruang
terbuka yaitu salah satunya karakterisitik ruang seperti elemen fisik,
infrastruktur yang layak dan aksesibilitas yang mudah dijangkau.
Karakteristik kebun raya ITERA berperan dalam membentuk
familiaritas dan attachment sehingga meningkatkan daya tarik ruang
terbuka
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2507290096
Keyword