(0721) 8030188    [email protected]   

OPTIMALISASI PELAYANAN RUMAH SAKIT MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS: RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RAGAB BEGAWE CARAM MESUJI)


Kualitas pelayanan menjadi indikator utama dalam menilai kepuasan pasien pada institusi layanan kesehatan. Rumah Sakit Umum Daerah Ragab Begawe Caram Mesuji menghadapi tantangan dalam hal pelayanan dan fasilitas. Tujuan dilakukan penelitian ini guna mengukur kualitas pelayanan RSUD RBC Mesuji menggunakan metode Service Quality dan Importance Performance Analysis guna mengidentifikasi atribut yang menjadi prioritas perbaikan serta merancang strategi peningkatan pelayanan. Hasil perhitungan Service Quality menunjukkan adanya gap negatif pada seluruh dimensi, dengan nilai kualitas (Q) sebesar 0,949 menandakan ketidaksesuaian antara harapan dan kinerja pelayanan yang dirasakan pelanggan. Hasil nilai IPA membuktikan bahwa terdapat beberapa atribut berada pada Kuadran I sebagai prioritas utama, yang memerlukan perbaikan segera adapun persentase nilai pada kuadran I sebesar 16%. Berdasarkan temuan tersebut, peneliti memberikan rekomendasi strategis berupa pembuatan SOP dan optimalisasi media pengaduan berbasis QR Code guna meningkatkan efektivitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini diharapkan menjadi acuan bagi manajemen RSUD RBC dalam pengambilan keputusan strategis terkait peningkatan mutu pelayanan.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2507240131

Keyword
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, R