(0721) 8030188    [email protected]   

IDENTIFIKASI DAN MITIGASI RISIKO SISTEM BAHAN BAKAR LOKOMOTIF CC 201 TANJUNG KARANG MENGGUNAKAN METODE HAZARD AND OPERABILITY STUDIES (HAZOP)


View/Open

Author

Advisor

Koleksi
Teknik Perkeretaapian

Publisher


ABSTRAK IDENTIFIKASI DAN MITIGASI RISIKO SISTEM BAHAN BAKAR LOKOMOTIF CC 201 TANJUNG KARANG MENGGUNAKAN METODE HAZARD AND OPERABILITY STUDIES (HAZOP) Oleh: ARIF BUDIMAN 121460106 PROGRAM STUDI TEKNIK PERKERETAAPIAN FAKULTAS TEKNOLOGI INFRASTRUKTUR DAN KEWILAYAHAN Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memitigasi risiko pada sistem bahan bakar lokomotif CC 201 Tanjung Karang dengan menggunakan metode Hazard and Operability Studies (HAZOP). Sistem bahan bakar memiliki peran penting dalam mendukung kinerja mesin diesel lokomotif agar tetap andal dan aman selama operasional. Analisis dilakukan untuk mengetahui potensi deviasi, tingkat risiko, serta strategi mitigasi yang dapat diterapkan guna mencegah kegagalan sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen yang paling berisiko adalah pompa bahan bakar (fuel pump), dengan deviasi seperti tidak adanya aliran, tekanan berlebih, tekanan rendah, dan aliran balik ke tangki yang dapat menyebabkan mesin gagal menyala atau mati mendadak. Dari 22 risiko yang teridentifikasi, 3 di antaranya dikategorikan berisiko tinggi, 2 risiko pada tingkat sedang, dan 17 risiko berada pada tingkat rendah. Untuk memitigasi risiko tersebut, dilakukan pemasangan sensor aliran dan tekanan dengan sistem alarm, serta penggunaan pompa bahan bakar berteknologi tinggi berbasis kontrol elektronik. Temuan ini memberikan dasar penting untuk peningkatan sistem keselamatan dan keandalan operasional lokomotif. Kata kunci: HAZOP, sistem bahan bakar, lokomotif CC 201, risiko kegagalan, mitigasi risiko

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2507190017

Keyword