(0721) 8030188    [email protected]   

PERANCANGAN STRATEGI BRANDING KOTA METRO MELALUI TARI JUNJUNGAN BUAY PUUN SEBAGAI IKON REPRESENTASI KOTA METRO


View/Open

Author

Advisor

Koleksi
Desain Komunikasi Visual

Publisher


Tari Junjungan Buay Puun adalah tarian yang berasal dari Kota Metro. Tarian ini diproduksi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro dan dikoreografi oleh Goesthy Ayu Mariana Devi Lestari. Tari Junjungan Buay Puun merupakan tarian khas Kota Metro yang perlu dilestarikan dan juga diperkenalkan kepada khalayak luas. Hal tersebut didasari oleh kurangnya pengetahuan masyarakat Kota Metro terkhususnya para pelajar yang belum mengetahui adanya tari Junjungan Buay Puun. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk merancang dan mengimplementasikan strategi branding yang tepat untuk meningkatkan kesadaran dan pengenalan remaja di Kota Metro melalui media yang relevan dan menarik seperti kampanye yang dipublikasikan melalui workshop. Pada perancangan ini penulis menggunakan metode perancangan The Branding Process yang terdapat dalam buku yang berjudul “Designing Brand Identity: An Essential for the Whole Branding Team” yang didalamnya terdapat tahap penentuan ide besar dengan menggunakan analisa city branding hexagon dimana terdapat enam aspek yaitu place, presence, potential, prerequisite, people, dan pulse. Adapun leaflet dan juga merchandise yang berhasil diaktivasikan melalui kampanye workshop yang didukung dengan poster dan juga video yang dipublikasikan melalui konten media Instagram. Hingga adanya perancangan ini dapat memberi pengetahuan lebih terkait makna dalam tarian Junjungan Buay Puun yang merepresentasikan Kota Metro.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2507170005

Keyword
Strategi Branding, Tari Junjungan Buay Puun, Multi