(0721) 8030188    [email protected]   

Perancangan Sekolah Dasar inklusif dengan Pendekatan Integrative Spatial Design


View/Open

Author
OCHANA, CECAR DEWI YUSTICIA PAPROEKA

Advisor

Koleksi
Teknik Arsitektur

Publisher


Proyek perancangan sekolah dasar inklusif ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan fasilitas pendidikan yang mampu merangkul keberagaman, baik dari segi kemampuan fisik maupun latar belakang sosial ekonomi siswa. Sekolah ini terletak di Kabupaten Lampung Tengah, Desa Sukajawa dengan luas lahan 2,2 hektar. Tujuan utama dari proyek ini adalah menciptakan lingkungan belajar yang setara, adaptif, serta mendorong interaksi sosial yang sehat antara siswa difabel, non-difabel, dan siswa dari keluarga berpenghasilan menengah ke bawah. Pendekatan yang digunakan adalah Integrative Spatial Design, dengan prinsip yang mengedepankan kegiatan yang dapat menampung aktivitas edukatif, bermain, serta kegiatan masyarakat lokal secara inklusif. Rancangan menitikberatkan ruang yang terbuka bagi masyarakat lokal, seperti amphitheater, kebun edukatif, playground dengan sirkulasi ramah kursi roda, serta lorong interaktif multifungsi, yang dapat menampung kegiatan sekolah untuk mendukung sistem pembelajaran, maupun kegiatan luar sekolah yang akan digunakan masyarakat lokal, seperti kegiatan workshop ataupun kegiatan sosial dan budaya. Hasil dari proyek ini adalah desain sekolah yang fleksibel, partisipatif, dan mampu beradaptasi dengan kebutuhan penggunanya, sekaligus memberikan pengalaman belajar yang inklusif, menyenangkan, dan bermakna bagi seluruh siswa, tanpa memandang latar belakang mereka.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2507150004

Keyword