ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL PADA GURU TK AL-IKHSAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE NASA-TLX DAN RSME
Beban kerja mental merupakan salah satu faktor penting yang memengaruhi kinerja dan Kesehatan kerja seorang guru, khususnya di tingkat Pendidikan anak usia dini. Guru Taman Kanak-Kanak (TK) memiliki tanggung jawab yang kompleks dalam mendidik, membimbing, serta mengelola kegiatan belajar anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat beban kerja mental yang dialami oleh guru TK Al-Ikhsan menggunakan dua pendekatan, yaitu NASA-TLX dan RSME. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada seluruh guru TK Al-Ikhsan. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata NASA-TLX sebesar 74,89 yang tergolong dalam kategori beban kerja mental yang tinggi. Sedangkan, pada rata-rata yang didapatkan dari skor RSME sebesar 104,97 yang masuk kedalam katgeori usaha yang dilakukan cukup besar. Data yang diperoleh dianalisis untuk mengetahui dimensi-dimensi beban kerja mental yang paling dominan serta perbandingan hasil dari kedua metode tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi Tingkat Usaha (TU) dan Kebutuhan Mental (KM) pada pendekatan NASA-TLX memiliki nilai yang tinggi, sedangkan pada RSME mengindikasikan beban kerja yang tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa guru TK Al-Ikhsan menghadapi beban kerja mental yang cukup signifikan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. Oleh karena itu, diperlukan perhatian dari pihak manajemen untuk mengelola beban kerja dan menyediakan dukungan memadai demi menjaga kesejahteraan guru.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2507140032
Keyword
Beban Kerja Mental, Guru TK, NASA-TLX, RSME, TK Al