(0721) 8030188    [email protected]   

Hubungan Karakteristik Sosial-Ekonomi dan Pola Perjalanan Pengguna MRT Jakarta yang Beraktivitas pada Kawasan TOD CSW-ASEAN


View/Open

Author

Advisor

Koleksi
Perencanaan Wilayah dan Kota

Publisher


Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta merupakan moda transportasi publik berbasis rel dengan kapasitas angkut tinggi dan frekuensi perjalanan yang intensif, yang dikembangkan untuk menjawab permasalahan kemacetan dan kebutuhan mobilitas di DKI Jakarta. Salah satu strategi pengembangan MRT Jakarta adalah penerapan konsep Transit Oriented Development (TOD), yaitu pengembangan kawasan berbasis transit yang mengintegrasikan sistem transportasi publik dengan fungsi- fungsi perkotaan seperti permukiman, komersial, dan ruang publik. Kawasan TOD CSW-ASEAN menjadi salah satu titik penting dalam jaringan MRT karena memiliki konektivitas antar moda dengan Transjakarta dan aktivitas perkotaan yang padat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik sosial-ekonomi dan pola perjalanan pengguna MRT Jakarta di kawasan TOD CSW-ASEAN, serta menganalisis hubungan antara kedua variabel tersebut. Rumusan masalah yang diangkat adalah: Bagaimana hubungan karakteristik sosial-ekonomi terhadap pola perjalanan pengguna MRT Jakarta yang beraktivitas pada kawasan TOD CSW- ASEAN? Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data primer berupa survei kuesioner kepada pengguna MRT di kawasan studi. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif untuk menggambarkan karakteristik pengguna dan pola perjalanannya, serta teknik korelasi Rank Spearman untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang bervariasi antara karakteristik sosial-ekonomi (seperti usia, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, dan pendapatan) terhadap elemen- elemen pola perjalanan (seperti frekuensi, maksud, dan tujuan perjalanan). Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam perencanaan transportasi perkotaan yang lebih inklusif dan berbasis data pengguna.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2507120006

Keyword
Mass Rapid Transit MRT Jakarta Transit Oriented Development Karakteristik Sosial-Ekonomi Karakteristik Pola Perjalanan