ANALISIS KINERJA FASILITAS U-TURN TERHADAP ARUS
LALU LINTAS PADA RUAS JALAN LETJEND. SUPRAPTO
KOTA BATAM MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK PTV
VISSIM
Jalan Letjend. Suprapto di Kota Batam merupakan salah satu ruas jalan
dengan tingkat kepadatan lalu lintas tinggi, terutama saat jam puncak.
Kemacetan terjadi di titik tertentu akibat aktivitas U-Turn yang
menghambat kelancaran arus kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh U-Turn terhadap arus lalu lintas pada ruas jalan
tersebut, mengevaluasi kondisi eksisting, serta merancang pengaturan
ulang U-Turn menggunakan perangkat lunak PTV VISSIM. Modifikasi
geometri dan pemodelan lalu lintas dilakukan melalui kalibrasi
parameter di PTV VISSIM. Hasil simulasi dibandingkan dengan data
lapangan menggunakan Uji-T Dua Sampel Berpasangan untuk menilai
akurasi. Pada jam puncak (17.15–18.15 WIB), didapatkan kecepatan
kendaraan rata-rata arah Timur–Barat sebesar 25,80 km/jam, panjang
antrean 102,76 meter, dan waktu tundaan 3,66 detik. Pada arah
sebaliknya, kecepatan 26,50 km/jam, antrean 558,87 meter, dan
tundaan 23,82 detik. Dua skenario perbaikan diuji yaitu mengubahan
tipe U-Turn sesuai Pedoman Bina Marga dan pembangunan U-Turn
Bridge. Skenario kedua dipilih karena mampu meningkatkan kecepatan
kendaraan 6,24%, menurunkan panjang antrean 93,52%, dan
mengurangi waktu tundaan 91,93%.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2507100021
Keyword
U-Turn PTV VISSIM Uji-T Kecepatan Antrean Tundaan Perbaikan