(0721) 8030188    [email protected]   

Perancangan Branding Candi Muaro Jambi Melalui Animasi Storytelling untuk Meningkatkan Kesadaran Remaja


Candi Muaro Jambi merupakan situs bersejarah di Sumatera yang pernah menjadi pusat pendidikan tertua di Asia Tenggara. Namun, kesadaran generasi muda seperti remaja terhadap eksistensi Candi Muaro Jambi masih rendah akibat kurangnya minat pada sejarah. Minimnya minat ini dipengaruhi oleh rendahnya eksposur melalui media promosi yang menarik dan perancangan strategi branding yang kurang maksimal. Untuk meningkatkan kesadaran dan minat remaja, dibutuhkan media informasi yang lebih interaktif, salah satunya melalui media audio visual. Perancangan media branding ini bertujuan memperkenalkan Candi Muaro Jambi secara menarik dan efektif kepada remaja agar turut berperan dalam pelestarian sejarah. Metode yang digunakan adalah The Branding Process, yang meliputi conducting research, clarifying strategy, designing identity, creating touchpoints, dan managing assets. Hasil media utama dari perancangan ini berbasis audio visual yaitu video animasi storytelling. Adapun media pendukung seperti unggahan YouTube, Instagram Reels, video TikTok, Broadcast Message, dan Official Poster untuk memperluas jangkauan audiens pada media utama. Hasil dari perancangan ini menunjukkan bahwa animasi storytelling mampu meningkatkan keterlibatan generasi muda seperti remaja dalam mengenali dan melestarikan sejarah. Keberhasilan perancangan ini dibuktikan melalui hasil analisis terhadap respon dan survei dari target audiens pada proses aktivasi.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2507090032

Keyword
Candi Muaro Jambi Muaro Jambi Temple Branding Storytelling Animation Animasi