Perancangan Card Game sebagai Sarana Mengakrabkan Diri Antara Anak Usia Remaja Akhir dan Orang Tua
Kurangnya intensitas berkomunikasi antar anggota keluarga dan banyaknya kegiatan yang tidak bersama keluarga di luar rumah, dapat mengubah gaya komunikasi antar anggota, yang jika dibiarkan, akan menyebabkan ketidakakraban dan ketidak harmonisan didalam keluarga. Biasanya, anak pada usia remaja akhir, akan lebih sering berinteraksi dengan teman-temannya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media untuk menguraikan masalah ketidakakraban antara remaja akhir dan orang tua berupa card game. Media ini ditujukan untuk keluarga yang tinggal satu rumah dan berumur diatas 18 tahun agar tujuan tercapai secara maksimal. Perancangan ini menggunakan metode campuran yaitu kualitatif dan kuantitatif, data dikumpulkan melalui survey, wawancara, dan studi literatur untuk mengetahui lebih dalam permasalahan dan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Perancangan ini juga divalidasi dengan feedback baik dari responden uji coba berupa perubahan komunikasi didalam keluarga yang mengarah ke positif dan juga menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS) untuk mengukur kelayakan media. Hasil dari kuesioner SUS memperoleh skor sebesar 83,33 (excellent) yang membuktikan bahwa media layak dan berhasil menguraikan masalah dan mengakrabkan keluarga.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2507080011
Keyword
keluarga remaja akhir komunikasi akrab